Home / Berita / Teknologi Memanen Air Minum dengan Sistem Panel Surya
Yueyi Indonesia

Teknologi Memanen Air Minum dengan Sistem Panel Surya

Cover Air Minum_Digital_smnSangatta, 22/02/2014). Penyediaan air minum bagi penduduk sudah menjadi satu pilar hak asasi manusia seperti yang terungkap pada Komentar PBB No. 12 Tahun 2012. Pengakuan ini berimplikasi bahwa penyediaan air minum merupakan salah satu kewajiban pelayanan publik dari pemerintah kepada rakyatnya.

Menyadari kondisi tersebut, Pemerintah, terutama Pemerintah Kota dan Kabupaten, telah berupaya menyediakan air minum melalui unit usahanya yang khusus menangani masalah tersebut yaitu Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Pemerintah dan PDAM melakukan investasi dan terus meningkatkan pelayanan untuk mampu menyediakan air minum kepada
masyarakatnya.

Kendati setiap waktu pelayanan tersebut ada peningkatan, namun masih banyak kendala yang dihadapi oleh Pemerintah dan PDAM. Kendala pertama, kualitas air yang diberikan kepada masyarakat masih dalam katagori air bersih dan belum dikatagorikan sebagai air minum.

Kendala kedua, distribusi pelayanan air bersih ini masih terbatas pada masyarakat yang berada di perkotaan atau ibukota kabupaten. Bahkan pelayanan air bersih yang terbaik sekalipun dari pemerintah, hanya mampu menjangkau masyarakat yang berada di ibukota kecamatan. Akibatnya, masyarakat menyediakan air bersih dan air minum secara swakelola.

Kendala ketiga, terjadi penurunan kualitas bahan baku air yang diolah oleh PDAM karena pencemaran lingkungan dari pola hidup masyarakat sendiri dan industri yang masih menggunakan sungai sebagai pembuangan limbahnya. Terjadinya penurunan daya dukung lingkungan ini pada air sungai akan mengakibatkan biaya operasional untuk pengolahan air bersih akan semakin mahal.

Upaya penyelesaian ketiga kendala dan tantangan penyediaan air bersih apalagi air minum dari pemerintah dan PDAM, masih memerlukan waktu dan modal investasi, serta perencanaan dan pelaksanaannya. Masyarakat harus mencari alternatif lain secara swakelola, namun dengan pertimbangan mampu mencapai kualitas air minum dengan kondisi bahan baku air
yang tersedia di lingkungannya, hemat energi, dan menggunakan teknologi yang mudah dalam operasional dan pemeliharaannya, serta terjangkau biaya investasinya.

Artikel ini berupaya menawarkan satu teknologi penyediaan air minum dengan menggunakan sistem panel surya. Sebuah teknologi untuk menjawab kriteria dasar seperti hemat energi karena menggunakan energi surya, mudah untuk operasional dan pemerliharaannya, serta terjangkau biaya investasinya. Bahkan teknologi ini sangat tepat digunakan di daerah pedalaman, ataupun daerah pesisir yang hanya mengandalkan air payau dengan tingkat salinitas (kandungan garam) yang tinggi.

Kontak Penulis untuk mendapatkan artike ini di info@bioenerginusantara.com

About Syukri M Nur

Dr. Muhammad Syukri Nur Pengajar dan Penulis yang siap membantu pengembangan usaha anda di Bidang Energi Terbarukan di Indonesia atau untuk tujuan ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*