Home / Promosi Teknologi / Pemanfaatan Bioenergi Limbah Hewan Sapi
ADS

Pemanfaatan Bioenergi Limbah Hewan Sapi

Menipisnya cadangan bahan bakar fosil dan meningkatnya populasi manusia sangat kontradiktif dengan kebutuhan energi bagi kelangsungan hidup manusia beserta aktivitas ekonomi dan sosialnya.

Hal ini menuntut suatu pemikiran dan gagasan untuk menggali serta mengembangkan potensi sumber-sumber energi alternatif. Pembuatan energi alternatif merupakan langkah terobosan yang bermanfaat, baik dari segi pemanfaatan juga sebagai upaya strategis melatih masyarakat menggunakan energi alternatif.

Salah satu bahan bakar energi alternatif ini adalah Bioenergi (Biomass). Biomass merupakan bahan energi organik yang berasal dari alam termasuk didalamnya tumbuhan dan hewan. Biomass juga mengacu pada limbah/sampah yang dapat diurai melalui proses bio (Biodegradable Wastes).

Biomass termasuk bahan energi yang dapat diperbaharui karena dapat selalu ditumbuhkan. Energi yang terdapat dalam biomass berasal dari sinar matahari selama proses foto sintesis, energi yang tersimpan dalam biomass dapat digunakan secara langsung dan dapat juga diubah menjadi bentuk cair atau gas.

Biomass merupakan bahan hayati yang dianggap sebagai limbah dan sering dimusnahkan dengan cara dibakar. Limbah organic/biomasa, mempunyai potensi yang sangat besar sebagai sumber energi.

bio-sapiPemanfaatan limbah menjadi sumber energi akan mengurangi permasalahan limbah di berbagai lokasi, limbah organik/biomasa seperti limbah kotoran sapi tersebut dapat diolah menjadi biogas sebagai pengganti/alternatif bahan bakar minyak tanah dan gas yang selama ini kita kenal juga bisa diolah menjadi pupuk kompos dan pupuk cair yang kesemuanya itu tentu akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Bogor.

Teknologi biogas adalah teknologi yang memanfaatkan proses fermentasi (pembusukan) dari limbah organik secara anaerobik (tanpa udara) oleh bakteri methan sehingga dihasilkan gas methan. Gas methan adalah gas yang mengandung satu atom C dan 4 atom H yang memiliki sifat mudah terbakar. Gas methan yang dihasilkan kemudian dapat dibakar sehingga dihasilkan energi panas.Gas methan ini sudah lama digunakan oleh warga Mesir, China, dan Roma kuno untuk dibakar dan digunakan sebagai penghasil panas.

Keuntungan pembangkit biogas selain sebagai sumber energi adalah untuk mengatasai masalah sampah organik terutama di pedesaan seperti feses peternakan. Limbah ini akan semakin menjadi masalah ketika adanya pengembangan usaha di pedesaan karena semakin berkembang usaha peternakan, maka semakin meningkat limbah yang dihasilkan.

About Syukri M Nur

Dr. Muhammad Syukri Nur Pengajar dan Penulis yang siap membantu pengembangan usaha anda di Bidang Energi Terbarukan di Indonesia atau untuk tujuan ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*