Home / Berita / Peluang dan Tantangan Integrasi Pabrik Pengolah Hasil Hutan
Yueyi Indonesia

Peluang dan Tantangan Integrasi Pabrik Pengolah Hasil Hutan

Integrated ForestChristopher, Lew. 2013. Integrated forest biorefineries. Cambridge: Royal Society of Chemistry.

Buku yang berjudul “Integrated Forest Biorefineries: Challenges and Opprtunities” ini, menyajikan prespektif  tantangan dan peluang penerapan teknik bioproses dan bioteknologi untuk meningkatkan nilai tambah kayu dari hutan. Kedua teknik tersebut mengekstrak serat lignoselulosa berbasis kayu dengan menggunakan proses konversi biokimia dan termokimia.

Buku ini merupakan prestasi baru dan menunjukkan prospek masa depan untuk penelitian dan pengembangan biorefineries hutan terpadu (Integrated Forest Biorefineries-IFBR ) sebagai langkah maju untuk pabrik pulp, kertas dan industri serat pengolahan lainnya.

Ini adalah satu-satunya buku untuk menutupi wilayah kajian ekonomi, sosial, dan lingkungan yang sangat penting untuk menjaga kelestarian industri. Oleh karena itu, buku terbitan RSC Publishing ini sangat tepat dimiliki dan dibaca oleh kalangan pengusaha dan akademisi dari berbagai latar belakang ilmu pengetahuan dan teknik termasuk kimia dan perusahaan bioteknologi, badan-badan pemerintah dan profesional, serta masyarakat ilmiah.

Editor dan kontributor buku ini merupakan ilmuwan yang diakui secara internasional dan terkemuka di bidangnya masing-masing sehingga mampu menyajikan informasi dan pemikiran yang menarik dan baru, sistematis, analisis mendalam, serta terintegrasi.

Penyajiannya dimulai dengan gambaran pengantar dari keadaan saat biorefining hutan, tantangan teknologi dan perspektif untuk perkembangan masa depan.

Tiga bab berikutnya, berurusan dengan isu-isu ekonomi, lingkungan dan keberlanjutan terkait regulasi kebijakan, produksi biomassa, rantai pasokan, pengembangan produk dan kondisi pasar untuk industri hasil hutan.

Empat bab berikutnya lagi, fokus pada penghapusan selektif hemiselulosa, lignin dan ekstraktif dari biomassa kayu dan pemanfaatan potensi mereka melalui pemodelan ekonomi dan integrasi proses untuk memperoleh biofuel dan nilai tambah bioproducts.

Tiga bab terakhir meninjau perkembangan terbaru dalam pemanfaatan biomassa kayu untuk produksi bahan bakar hidrokarbon melalui gasifikasi dan pirolisis; biohydrogen dengan fermentasi anaerob gelap, dan material komposit berbasis bio. Ekonomi dari proses yang dijelaskan dalam IFBR dan produknya, serta dan dampak lingkungannya adalah fokus utama dalam sebagian besar bab dari buku ini. Contoh praktis juga disajikan dan relevan dan aplikatif.

Buku ini dapat diperoleh di www.amazon.com

About Syukri M Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*