Home / Berita / Panduan Pengelolaan Limbah Cair
Yueyi Indonesia

Panduan Pengelolaan Limbah Cair

Biological SludgePaul, Etienne, and Yu Liu. 2012. Biological sludge minimization and biomaterials/bioenergy recovery technologies. Hoboken, N.J.: Wiley.

Paradigma lama dalam pengelolaan limbah cair dari suatu industri hanya berpijak pada upaya mengurangi dampak lingkungan yang mungkin terjadi. Limbah dikelola dan hasilnya dikembalikan ke lingkungan jika parameter-parameter limbah sudah mencapai ambang batas aman.

Paradigma baru yang ditawarkan dalam buku setebal 529 halaman ini, limbah tidak hanya dikelola untuk mencapai indikator aman terhadap lingkungan tetapi harus mendapatkan nilai tambah berupa produk pupuk dan energi. Sebuah panduan yang lengkap untuk mengelola limbah cair dan mendayagunakannya lagi, serta mendapatkan energi terbarukan.

Ketika limbah cair diolah, maka proses itu akan terjadi pengurangan mengurangi bahan organik menjadi karbon dioksida, air, dan bakteri sel – sel yang dibuang, menghasilkan produk sampingan semipadat dan kaya nutrisi yang disebut lumpur. Perluasan populasi global dan kegiatan industri telah mengubah produksi berlebihan lumpurnya sehingga menjadi tantangan lingkungan internasional. Pembuangan akhir yang kelebihan lumpur menjadi salah satu masalah yang paling mahal yang dihadapi oleh fasilitas pengolahan limbah cair.

Ditulis oleh dua insinyur lingkungan terkemuka, Biological Sludge Minimization and Biomaterials/Bioenergy Recovery Technologies menawarkan panduan lengkap tentang teknik mutakhir untuk mengurangi produksi lumpur, mengubah lumpur menjadi bahan nilai tambah, mendayagunakan sumber daya alam dengan lumpur, dan pembakaran lumpur. insinerasi . Bercermin dari undang-undang lingkungan yang semakin ketat, buku ini menawarkan penilaian jujur  bagaimana lumpur dapat dikelola secara realistis, mencakup keprihatinan utama dan alat terbaru:

  • Dasar-dasar proses biologis untuk pengolahan air limbah, air limbah mikrobiologi, dan metabolisme mikroba, merupakan komponen penting untuk memahami bagaimana lumpur diproduksi.
  • Prediksi limbah dan lumpur primer,  dan produksi lumpur limbah aktif, merupakan tantangan diantara Kepala Perencanaan dengan operasional pabrik pengolahan limbah cair.
  • Teknologi untuk pengurangan lumpur, dengan fokus pada pengurangan hasil pertumbuhan mikroba seiring dengan bertambahnya lumpur yang terurai.
  • Penggunaan sistem pengolahan lumpur dengan cara anaerobik untuk biogas, mulai dari proses dasar, rancangan, dan operasional.
  • Penggunaan sistem sel bahan bakar mikroba (Microbial Fuel Cell-MFC ) untuk pengelolaan berkelanjutan limbah organik dan perolehan energi listrik.

Tentang Penulis

ETIENNE PAUL, PhD, adalah seorang profesor di Departemen Kimia dan Teknik Lingkungan di National Institute of Applied Sciences.  Dia memiliki lebih dari lima belas tahun pengalaman di bidang pengolahan biologis air, air limbah, dan limbah.

YU LIU, PhD, adalah seorang profesor di Sekolah Teknik Sipil dan Lingkungan di Nanyang Technological University.  Dia telah menulis atau diedit enam buku, empat bab buku, dan lebih dari sembilan puluh artikel jurnal.

Anda dapat memperoleh buku ini di www.amazon.com.

About Syukri M Nur

Dr. Muhammad Syukri Nur Pengajar dan Penulis yang siap membantu pengembangan usaha anda di Bidang Energi Terbarukan di Indonesia atau untuk tujuan ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*