Home / Publikasi / Forest Bioenergy Production
Yueyi Indonesia

Forest Bioenergy Production

Forest Bienergy ProductionSelama ribuan tahun, biomassa hutan atau kayu telah salah satu sumber energi utama manusia di seluruh dunia. Sejak revolusi industri, bahan bakar fosil telah menggantikan kayu dan menjadi sumber energi dominan. Penggunaan bahan bakar fosil memiliki kelemahan karena mengakibatkan peningkatan konsentrasi atmosfer gas rumah kaca (GRK ), terutama karbon dioksida (CO2), pemanasan akibat iklim global dan perubahan curah hujan. Dalam konteks ini, substitusi bahan bakar fosil dengan sumber energi terbarukan seperti biomassa hutan adalah salah satu cara untuk mengurangi perubahan iklim .

Buku ini merangkum pengalaman baru tentang bagaimana mengelola lahan hutan untuk memproduksi biomassa kayu untuk penggunaan energi dan apa potensi untuk mengurangi perubahan iklim dengan menggantikan bahan bakar fosil dalam produksi energi. Dalam konteks ini, buku ini membahas bagaimana manajemen dapat mempengaruhi pasokan biomassa energi menggunakan rotasi pendek kehutanan dan kehutanan konvensional menerapkan rotasi panjang. Selain itu, buku ini menguraikan interaksi yang erat antara sistem ekologi dan sistem industri, yang mengontrol siklus karbon antara atmosfer dan biosfer .

Pada bagian buku ini,  dijelaskan bahwa pengelolaan hutan yang berkelanjutan adalah kunci untuk memahami dan mengontrol emisi karbon tidak langsung akibat pemanfaatan biomassa hutan (misalnya dari manajemen, pemanenan dan logistik, dan proses ekosistem), yang sering diabaikan dalam menilai netralitas karbon dari sistem energi berdasarkan biomassa hutan. Fokus dalam buku ini adalah tentang hutan dan kehutanan di zona boreal dan subtropis, terutama di Eropa Utara, di mana biomassa kayu banyak digunakan dalam industri energi untuk menghasilkan energi.

Buku ini dapat dibeli di www.amazon.com.

About Syukri M Nur

Dr. Muhammad Syukri Nur Pengajar dan Penulis yang siap membantu pengembangan usaha anda di Bidang Energi Terbarukan di Indonesia atau untuk tujuan ekspor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*