Home / Berita / Catatan Sejarah Perjalanan Energi Fosil di Kutai, Kaltim dan Indonesia
Yueyi Indonesia

Catatan Sejarah Perjalanan Energi Fosil di Kutai, Kaltim dan Indonesia

Poley, J. Ph. 2000. Eroïca the Quest for Oil in Indonesia (1850-1898). Dordrecht: Springer Netherlands. http://dx.doi.org/10.1007/978-94-015-9568-1.

downloadSebagai penghormatan kepada pelopor eksplorasi minyak di Indonesia (1850-1898). Menggunakan laporan otentik, buku harian, teks yang relevan, catatan pribadi dan gambar, Poley membawa ke kehidupan upaya heroik Reerink (Cheribon, Jawa Barat), Zijlker dan Kessler (Deli, NE Sumatera), Stoop (Surabaya dan Rembang, Jawa Timur) , Menten (Kutai, Kalimantan Timur), Kessler dan IJzerman (Palembang, Sumatera Selatan), dan awak mereka. Mereka menghadapi hampir banyak persoalan di banyak lokasi namun dapat diatasi: areal yang sulit ditembus, hutan yang kejam, iklim buruk, penyakit tropis, kecelakaan teknis, pembatasan keuangan, dan, last but not least, pemerintah dan kendala hukum.

Tidak ada ilmu geologi untuk membimbing mereka, dan teknologi pengeboran masih dalam masa pertumbuhan. Namun itu visi dan ketekunan mereka yang akhirnya menempatkan Indonesia di peta dunia negara penghasil minyak, dan yang memberikan kontribusi secara material terhadap perkembangan kehidupan mewah saat ini. Banyak dari teks ini dan beberapa gambar yang disajikan di sini untuk pertama kalinya untuk masyarakat umum.

Buku ini memiliki nilai penting bagi Indonesia, khususnya Kalimantan Timur yang mulai tergali potensi kekayaan alamnya sejak zaman kolonial. Anda ingin Kaltim lebih baik? Pelajari sejarah ini.

Kontak Penulis di syukrimnur@gmail.com

Syukri M Nur

About Syukri M Nur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*